Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, pantai Sepanjang mempunyai karakter berupa garis pantai yang panjang. Dan konon, garis pantainya adalah yang terpanjang di wilayah Gunungkidul. Letak pantai Sepanjang ada di desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul dan berdekatan dengan pantai Kukup dan pantai Drini. Pantai Sepanjang menghadirkan suasana alam yang masih asri, membawa tubuh, pikiran, dan hati Anda pada gambaran nyata tentang sebuah pantai yang indah.

Keelokan pantai Sepanjang dengan hamparan pasir putihnya terlihat bersih, membentang dengan luasnya di bibir pantai. Ombak laut berderai menciptakan irama yang pastinya terdengar nyaman di telinga. Suara khas pantai yang membuat Anda terbuai, terlena akan keindahan pantai Sepanjang yang tiada tara. Jangan heran, orang pun lantas mengibaratkan pantai Sepanjang dengan pantai Kuta di Bali.

Pantai Sepanjang berada di balik perbukitan dengan perkebunan di sekitarnya milik warga sekitar. Di pinggir pantai Sepanjang tampak pohon palem melambai-lambai diterpa angin laut, menyapa kehadiran Anda dengan penuh keramahan. Jika air laut sedang surut, karang-karang kecil menampakkan wujudnya, dihiasi pula dengan biota laut yang mempercantik wajah pantai Sepanjang.

Gubuk terbuat dari bambu dan kayu serta beratapkan ilalang tampak berjejer dengan rapi di pinggir pantai, terlihat sederhana tapi itu justru menambah kesan alami pantai Sepanjang. Di gubuk itulah Anda duduk bersantai, setelah berkeliling di pantai Sepanjang yang mungkin membuat Anda lelah. Segelas air dingin pasti nikmat rasanya. Jika segelas tidak cukup, Anda dapat memesannya lagi nanti. Dan, seteguk air dingin membasahi kerongkongan Anda yang mulai kering. Sekarang Anda pun merasa lebih segar dari sebelumnya.

Untuk sampai di pantai Sepanjang, waktu yang Anda tempuh adalah sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta. Jalan aspal yang naik turun dan berkelok-kelok membuat perjalanan Anda menjadi semakin seru, apalagi ketika sampai di pantai Sepanjang. Ya, pantai Sepanjang menanti Anda untuk merasakan keindahannya